Artikel Kesehatan Tentang Pola Hidup Sehat

Artikel kesehatan kali ini membahas tentang pola hidup sehat yang merupakan syarat mutlak agar kita dapat terhindar dari berbagai penyakit selain juga faktor lain yang juga mempengaruhi seperti lingkungan yang sehat yang sudah saya posting pada contoh artikel kesehatan di lingkungan sekolah. Pola hidup sehat mencakup pola tidur, makanan yang dikonsumsi, dan olahraga. Pada intinya bagaimana kita menjalani hidup, dan kebiasaan sehari-hari, itulah yang dimaksud dengan pola hidup. Sehat atau tidaknya hidup kita tentu kita sendiri yang menentukan.

Pahami makna pola hidup sehat

Banyak orang melakukan diet ketat untuk mendapatkan tubuh yang diinginkan terutama pada kaum wanita sampai-sampai mengesampingkan nilai-nilai kesehatan, bahkan dalam beberapa kasus sudah banyak terjadi orang yang melakukan diet ketat hingga mengalami kematian. Untuk mendapatkan tubuh bentuk tubuh yang ideal tidak cukup hanya dengan diet sehat apalagi diet ketat yang salah, melainkan harus ada keseimbangan antara olahraga, istirahat, pola makan yang benar, dan masih banyak lagi.

Persepsi yang salah terhadap makna sehat juga masih terdapat di beberapa kalangan masyarakat dimana mereka beranggapan bahwa gemuk itu berarti sehat padahal orang yang gemuk itu artinya di dalam tubuhnya sudah banyak terjadi penimbunan lemak yang berbahaya bagi tubuh. Orang yang gemuk atau dalam istilah lain disebut dengan obesitas cenderung memiliki kadar kolesterol yang tinggi yang dapat memicu terjadinya gangguan pada jantung dan beberapa penyakit lain seperti asam urat, tekanan darah tinggi hingga diabetes

Kriteria pola hidup sehat

Ada beberapa kriteria yang dijadikan apakah hidup kita sudah sesuai dengan pola hidup yang sehat diantaranya

1.Nilai gizi atau kandungan dari makanan yang kita konsumsi
Makanan yang kita konsumsi haruslah memenuhi semua yang dibutuhkan oleh tubuh, pola makan yang benar hendaknya memenuhi konsep 4 sehat 5 sempurna yang sudah tidak asing lagi kita dengar dimana konsep ini menekankan pentingnya 4 golongan makanan berupa sumber kalori untuk tenaga, protein untuk pembangun, sayuran dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral sebagai pemeliharaan.

Perlu juga diketahui bahwa jumlah kebutuhan gizi dari masing-masing orang berbeda tingkat kebutuhannya, orang yang berusia tua dengan orang yang masih muda tentu memiliki nilai kebutuhan gizi yang berbeda, begitu juga jenis kelamin ikut mempengaruhi nilai gizi yang dibutuhkan. Untuk mengetahui seberapa besar kebutuhan tubuh anda terhadap kandungan gizi atau vitamin tertentu tentu saja anda harus berkonsultasi dengan ahli gizi bukan dengan mencari informasi dari web atau blog yang tersedia di internet, karena informasi yang tersedia di internet hanyalah sebagai pemberi informasi secara garis besar sekalipun situs web yang anda kunjungi dikelola oleh pakar atau ahli gizi terkecuali situs web tersebut menyediakan fasilitas tanya jawab sehingga admint dari web tersebut betul-betul paham dengan kondisi dan riwayat penyakit yang pernah anda derita.

2.Istirahat yang cukup dan berkualitas
Istirahat yang paling baik adalah tidur dan tidur yang baik bagi tubuh adalah pada malam hari. Berapa jam sebaiknya tidur dalam satu hari? untuk pertanyaan ini dalam beberapa penelitian ilmiah memberikan jawaban yang berbeda, ada yang mengatakan 7 jam ada juga yang mengatakan 8 jam/hari bahkan ada penelitian ilmiah yang menyebutkan tidur cukup hanya dengan 6 jam/hari namun yang paling penting sebenarnya adalah terletak pada kualitas tidur bukan kuantitas.

3.Olahraga
Lakukan olahraga secara rutin yang sesuai dengan kondisi tubuh, usia, dan riwayat penyakit yang pernah anda derita. Beda usia tentu beda pula jenis olahraga yang sesuai untuk dijalani, namun ada beberapa olahraga yang cocok untuk segala usia dan terlebih bagi anda yang menderita gangguan jantung diantaranya jalan santai atau lari-lari kecil, dan bersepeda. Untuk orang yang mengalami gangguan jantung sangat cocok menjalani olahraga yang sifatnya tidak melakukan gerakan-gerakan spontan.

4.Lingkungan yang sehat
Lingkungan yang sehat tentunya kebersihan adalah syarat mutlak dan selain kebersihan, lingkungan yang sehat memiliki kriteria seperti sirkulasi udara yang baik dan bersih, hawa sejuk dan tidak terlalu bising.
Secara garis besar itulah pokok-pokok terpenting tentang bagaimana pola hidup yang sehat dan semoga artikel tentang kesehatan ini membawa manfaat