CONTOH SURAT PERNYATAAN : Cara Membuat Surat Pernyataan

Contoh surat pernyataan - Surat pernyataan fungsinya untuk menerangkan suatu kondisi entah itu untuk perseorangan atau kelompok/instansi. Ada berbagai macam surat pernyataan yang umumnya sering dibuat/dibutuhkan dan beberapa diantaranya adalah surat pernyataan kerja, kebetulan untuk contoh surat pernyataan kerja sudah saya posting di artikel sebelumnya yang dapat anda baca di sini

Selain surat pernyataan kerja, ketika anda akan mengundurkan diri dari tempat anda bekerja juga harus membuat surat pernyataan untuk mengundurkan diri, untuk contohnya silahkan anda menuju ke contoh surat pengunduran diri kerja

Berikut adalah contoh surat pernyataan diri, contoh surat kesanggupan dan contoh surat pernyataan hutang


Contoh Surat Pernyataan Diri

Surat Pernyataan

Yang bertandatangan di bawah ini ,
Nama : Reza Nasution
Tempat dan tanggal lahir : Surabaya, 10 Mei 1980
Agama : Islam
Alamat : Jl. Kusumabangsa No 02 Surabaya

Dengan ini menyatakan :

1. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyaikekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan
2. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Anggota Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
3. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri Sipil dan Calon/Anggota Tentara Nasional Indonesia atau Calon/Anggota Kepolisian Negara;
4. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik;
5. Bersedia ditempatkan di wilayah tempat mendaftar;
6. Sanggup mengganti biaya pelaksanaan penerimaan sebesar Rp.    25.000.000,- (dua puluh lima juta
    rupiah), apabila :
  • Dinyatakan lulus ujian tahap akhir dan telah mendaftar ulang tetapi mengundurkan diri dengan alasan apapun, atau
  • Mengundurkan diri setelah bekerja di BPS, dengan masa kerja kurang dari 5 (lima) tahun.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut di depan pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh pemerintah, apabila dikemudian hari terbukti pernyataaan ini tidak benar.

……………………………………………………

Yang membuat pernyataan,

MATERAI

Rp. 6.000,-

………………………………….


Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Kerja


SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN
No. 001/SPK/III/2014

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Adi Aditya
Jenis Kelamin : Laki-laki
Tempat / Tgl. Lahir : Bandung, 10 April 1981
No. KTP : 0000 xxxx xxxx xxxx
Alamat : Jl. Buah Batu No. 10 Bandung

Dengan ini menyatakan sanggup untuk diposisikan sebagai staff manajemen PT. Logam Mulia. dan melepaskan jabatan sebelumnya, yaitu sebagai staff marketing.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya dan atas kemauan saya sendiri tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Bandung, 11 Maret 2014

Pembuat pernyataan

Tanda tangan + materai

Adi Aditya


Contoh Surat Pernyataan Hutang


Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : _____________
No. KTP : _____________
Alamat : _____________

Dengan ini menyatakan:

1. Bahwa, pada tanggal___________ saya telah melakukan peminjaman uang kepada saudara ____________sebesar Rp. 25.000.000 (dua puluh lima juta rupiah) dan berjanji akan mengembalikan pinjaman tersebut dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari atau jatuh tempo pada tanggal ___________ 
2. Bahwa, sampai dengan tanggal jatuh tempo tersebut ternyata saya belum memiliki kemampuan untuk mengembalikan pinjaman saya kepada saudara ______________
3. Bahwa, dengan ini saya memohon keringanan kepada saudara _________ agar diberi perpanjangan jangka waktu untuk melunasi pinjaman saya tersebut untuk selama 30 (tiga puluh hari) lagi atau jatuh tempo pada tanggal __ _________ _____
4. Bahwa, dalam hal saya tidak dapat melunasi pinjaman saya tersebut sampai dengan perpanjangan jangka waktu tersebut sebagaimana dimaksud Butir 3, maka saya bersedia mempertanggungjawabkan pinjaman saya tersebut secara hukum.

Demikian Surat Pernyataan ini saya buat dengan tanpa paksaan ataupun tekanan dari pihak manapun