Aplikasi/Software Gratis Untuk PC/Laptop Terbaik

Software Gratis pasti akan selalu menjadi primadona dan paling banyak dicari oleh pengguna laptop, PC ataupun komputer, terlebih lagi untuk pengguna di Indonesia yang rata-rata berfikir 1000x untuk mengeluarkan uang/biaya hanya untuk satu aplikasi yang relatif mahal karena aplikasi-aplikasi tersebut kebanyakan datangnya dari luar sana yang tentunya menggunakan mata uang US Dollar.

Aplikasi untuk PC tentunya banyak sekali ragam dan fungsinya dan dari sekian banyak software/aplikasi tersebut ada yang berbayar, ada yang gratis dan ada juga yang semi gratis. Semi gratis yang saya maksud di sini adalah kita dapat menggunakan aplikasi tersebut secara gratis namun bisa juga anda di upgrade menjadi premium/berbayar untuk mendapatkan servis/mengoptimalkan kinerja dari aplikasi tersebut

Pada kesempatan ini saya hanya akan membagikan informasi pada beberapa aplikasi untuk laptop atau komputer yang gratis dan tentunya tidak kalah kualitas dengan yang berbayar dan saya sendiri menggunakan aplikasi/software tersebut baik itu untuk perawatan komputer, media player maupun aplikasi/spftware penting lainnya yang wajib anda miliki.

Aplikasi Gratis Untuk Laptop/PC

1. Untuk perawatan komputer

Taukah anda bahwa semua aktivitas yang kita lakukan di komputer ataupun PC baik itu browsing internet, main game online ataupun offline,memutar video/musik dan aktivitas-aktivitas lainnya sebenarnya meninggalkan sampah yang jika sampah-sampah tersebut tidak kita buang maka berakibat kinerja perangkat komputer menjadi berat/lamban dalam mengakses semua file yang tersimpan di PC, Laptop maupun Komputer maka dari itu ada beberapa aplikasi yang yang menurut saya pribadi sangat baik digunakan untuk menjaga agar kinerja perangkat tetap optimal. Dari beberapa aplikasi tersebut adalah
  • CCleaner
Sesuai dengan namanya software ini fungsi utamanya adalah untuk membersihkan sampah-sampah yang sudah saya jelaskan di atas akan tetapi tidak hanya sebatas sebagai pembersih, CCleaner ini juga memiliki fungsi lain diantaranya untuk
1. Memperbaiki registry yang eror
2. Untuk menghapus software yang mungkin tidak lagi kita butuhkan
3. Untuk mensetting aplikasi apa saja yang ingin di startup ketika anda menyalakan laptop/pc
  • Advanced Care
Advanced Care ini fungsinya lebih menitikberatkan pada pengamanan perangkat, dan di bawah ini beberapa fungsi dari Advanced Care
1. Malware Removal
2. Registry Defrag
3. Internet Boost
4. Registry Fix
5. Privacy Sweep
6. Security Defense
7. Junks File Cleans
8. Shortcuts Fix
9. System Optimization
10. Disc scane
11. Disc Defragment
12. Game Booster
Dan masih banyak lagi fungsi dari Advanced Care yang tidak bisa saya sebutkan semuanya di sini
  • Uninstaller
Fungsi dari software ini adalah untuk menghapus aplikasi atau ekstensi di browser yang mungkin sudah tidak kita butuhkan. Sebenarnya setiap perangkat komputer atau pc maupun laptop sudah terdapat program bawaan yang fungsinya untuk menghapus aplikasi akan tetapi dari informasi salah satu teman yang merupakan seorang programmer mengatakan bahwa menghapus aplikasi dari komputer langsung tidak sebersih dibandingkan menggunakan software uninstaller inii, artinya jika kita menghapus aplikasi langsung dari komputer/laptop cenderung masih menyisakan registry dari aplikasi yang sudah kita hapus tadi

2. Media Player

Banyak sekali media player yang bertebaran di internet dan gratis seperti yang paling populer digunakan adalah VLC media player, Cyberlink Power DVD, GOM media player, DivX Plus media player, Winamp, Jet Audio Basic, UMPlayer dan masih banyak software/aplikasi lainnya yang kesemuanya itu sudah pernah saya gunakan dan dari sudat pandang saya pribadi semua media player tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan contohnya adalah Cyberlink Power DVD yang menurut saya pribadi sangat bagus pada kualitas gambar namun aplikasi ini terbilang berat dijalankan jika di bandingkan dengan Winamp. Terus media player apa yang kualitas gambar bagus dan dapat memutar semua jenis format media dan juga sekaligus ringan dijalankan pada PC/laptop? Untuk urusan media player saya menjatuhkan pilihan pada KMP Player. KMP Player ini selain dapat memutar video maupun audio dalam berbagai format, juga bisa streaming video dan bahkan dapat digunakan untuk membuka file gambar dalam bentuk slideshow. Menarik bukan...

Sebenarnya masih ada satu lagi media player yang memiliki kemampuan dan fitur nyaris sama dengan KMP Player yaitu PotPlayer yang dikembangkan oleh pengembang yang sama dengan KMP Player, hanya saja sampai artikel ini dibuat, saya sendiri belum mencoba secara menyeluruh kemampuan software ini.

3. Browser


Sepertinya untuk browser, tidak perlu saya panjang lebar di sini karena penggunaan browser sangat bergantung dari aktivitas masing-masing pengguna karena kebutuhan akan browser antara seorang gamer dengan blogger dan mereka yang hanya sekedar aktif di sosial media tentunya berbeda dan untuk mengetahui browser apa yang baik digunakan sesuai dengan aktivitas anda di dunia maya silahkan anda lihat di artikel saya sebelumnya di sini

Karena artikel ini saya rasa sudah cukup panjang tentunya akan membosankan jika saya paksakan dan untuk itu beberapa software gratis untuk PC/Laptop akan saya lanjutkan di kesempatan lain namun sebelum saya sudahi mungkin anda tertarik untuk menyimak artikel menarik lainnya silahkan anda baca di cara download video youtube tanpa software