Mitos Dalam Dunia Blogging | SEO

Artikel ini saya buat setelah membaca beberapa thread di beberapa group facebook seputar blog, adsense, SEO, dan semua yang berkaitan dengan dunia blogging baik itu sifatnya pernyataan, pertanyaan, saran dan ada juga yang hanya menawarkan jasa baik itu jasa seo, jasa artikel maupun jasa backlink. Hampir dari setiap thread melahirkan banyak komentar dan tidak jarang menjadi debat kusir tanpa ujung yang pada akhirnya tidak melahirkan apa-apa (kesimpulan). Dari sekian banyak pertanyaan dan komentar yang saya baca, paling tidak ada beberapa hal yang akan saya bahas disini dan tentunya pembahasan ini sangat subyektif karena berdasarkan dari sudut pandang saya pribadi

Beberapa pertanyaan yang masih saya ingat diantaranya adalah

  1. Apakah artikel copypaste berbahaya?
  2. Apakah penulisan artikel di blog dengan menggunakan Bold, Italyc, Underline memiliki pengaruh terhadap seo onfage?
  3. Menjadi juara 1 di search engine khususnya google, seo itu tidak penting tapi yang terpenting adalah kualitas artikel dan rajin menulis artikel
Sebenarnya masih banyak thread-thread lainnya yang bisa dijadikan pembahasan di artikel ini tetapi sepertinya dengan 3 thread di atas sudah cukup untuk menjadikan artikel ini paling tidak menjadi 500 karakter. Kenapa harus 500 karakter? katanya sih, semakin panjang artikel semakin bagus dari sisi onfage,. Akh...itu kan hanya MITOS!!!


Tepat sekali..apa yang saya bahas disini masih berkaitan dengan mitos yang beredar dalam dunia blogging. Ok..lanjut ke pembahasan mengenai 3 thread di atas.

Apakah artikel copypaste berbahaya?


Dari thread ini terdapat berbagai komentar diantaranya ada yang mengatakan

  1. Ga bahaya kok..banyak tuh blog-blog yang mendapat peringkat bagus padahal artikelnya 100% copy paste
  2. Kalau artikel kamu di copypaste biarin aja, berarti artikel kamu bagus
  3. Selama kamu sudah minta izin kepada yang punya artikel dan menautkan link untuk yang punya artikel, insyaAllah aman
Sebelum anda percaya dengan jawaban di atas, coba kaji lebih dalam dan bertanya pada diri anda sendiri

  1. Apakah yang mengatakan banyak blog mendapat peringkat bagus meskipun dengan artikel 100% copy paste sudah memberikan bukti dengan menyebutkan url blog dan keyword apa saja yang sudah dikuasai oleh blog yg dimaksud?
  2. Jika memang benar ada blog yang 100% copy paste dan mendapat serp bagus, apakah akan bertahan ketika google melakukan update algoritma (panda)?
  3. Jika anda membiarkan artikel anda di copy paste dengan imbalan backlink dan sudah mendapatkan izin dari anda, apa yang terjadi jika terdapat 50 blogger yang meminta izin untuk mengcopy artikel anda? itu artinya terdapat 50 duplikat konten yang tersimpan dalam data base google dan apakah google bisa berfikir seperti manusia dengan mengatakan, oh yang 50 artikel dengan duplikat konten ini sudah punya izin dari yang punya artikel jadi ane lolosin aja dari algoritma panda
Google tidak mau tau dan memang tidak berfikir layaknya manusia untuk kasus duplikat konten. Yang pasti google tidak suka dengan duplikat konten terlepas anda sudah meminta izin kepada pemilik artikel atau tidak

Bold, italyc, underline : Mitos dalam dunia seo

Mengenai bold, italyc dan underline ini memang sudah ramai dan banyak yang mengatakan bahwa itu hanyalah mitos namun sebelum mempercayai apakah memang benar teknik tersebut hanya mitos? saya sendiri tidak yakin sepenuhnya dan karena itu pada setiap artikel yang saya buat masih menggunakan teknik tersebut dan untuk itu mungkin perlu kita kaji dan berfikir dari dua sisi berbeda

perlu saya luruskan sedikit bahwa terdapat 3 perbedaan pendapat yang saya ketahui mengenai penggunaan bold, italyc, underline dan pengaruhnya terhadap seo yaitu

  1. Ada yang mengatakan bahwa teknik penulisan seperti itu hanya mitos
  2. Ada yang mengatakan bahwa teknik tersebut memang berpengaruh terhadap seo namun untuk algoritma google yang sudah semakin canggih seperti sekarang ini teknik tersebut sudah tidak lagi memiliki pengaruh terhadap seo
  3. Ada yang beranggapan bahwa teknik tersebut memiliki pengaruh besar terhadap seo namun beberapa praktisi seo dengan sengaja membangun opini dengan mengatakan teknik tersebut hanya mitos yang tujuannya adalah pengkaburan
Dari ketiga pendapat tersebut mana yang benar? Secara pribadi saya sendiri juga tidak bisa menjawab, hanya saja yang mungkin perlu dipertanyakan sebelum mengambil kesimpulan adalah
  1. Jika anda menggunakan teknik tersebut pada setiap artikel anda, apakah memiliki efek negatif terhadap seo? jika tidak memiliki efek negatif, kenapa harus pusing dan berspekulasi untuk meninggalkan teknik tertentu hanya karena informasi yang masih perlu dipertanyakan keakuratannya
  2. Jika anda menggunakan teknik tersebut apakah akan merusak tampilan artikel dan mengganggu pengunjung anda?
Ternyata benar dugaan saya hanya membahas 3 thread di atas ternyata sudah lebih dari cukup untuk menjadikan artikel ini menjadi 500 karakter dan bahkan masih ada satu thread yang belum saya bahas disini. Karena saya rasa artikel ini sudah cukup panjang dan untuk menghindari pengunjung merasa jenuh dengan artikel yang terlalu panjang maka thread ketiga akan saya bahas di artikel selanjutnya

Sebelum saya sudahi artikel ini ada beberapa hal yang mungkin perlu saya sampaikan

Untuk menjadi peringkat 1 di search engine itu mudah, bahkan dengan artikel 100% copypaste pun tetap mudah. tetapi saya pastikan artikel tersebut tidak akan bertahan lama berada di posisi puncak dan saya memiliki bukti dari apa yang saya katakan,,untuk mengetahui buktinya..tunggu kelanjutan artikel ini di posting berikutnya

Baca juga rahasia kecil google author rank dan bagaimana saya dengan mudah mencapai posisi 1 di search engine dengan memanfaatkan google author rank