Cara Mengetahui Tingkat Persaingan Suatu Kata Kunci

Sebenarnya untuk mengetahui tingkat persaingan suatu kata kunci bisa dilakukan dengan banyak cara baik itu dengan menggunakan tools seperti keyword planner maupun dengan cek langsung secara manual dengan mengetikkan kata kunci yang dimaksud di search engine. Diantara banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui tingkat persaingan suatu kata kunci tersebut, manakah yang paling valid? untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut mari kita lakukan analisan beberapa cara berikut di bawah ini

Cara Mengetahui Tingkat Persaingan Kata Kunci


1. Tingkat persaingan suatu kata kunci berdasarkan data google keyword planner

Cara ini memang paling mudah namun menurut saya pribadi data yang diberikan oleh google keyword planner kurang akurat, alasannya sangat sederhana yaitu karena data yang diberikan oleh google keyword planner bukan merupakan data terupdate dan selain itu google keyword planner mengambil data hanya berdasarkan antara jumlah pencarian dengan banyaknya jumlah artikel yang tersedia di indeks google. Meskipun tidak akurat, paling tidak dengan google keyword planner ini kita mendapatkan gambaran sekilas tentang tingkat persaingan suatu kata kunci. Jadi tidak ada salahnya kita menjadikan google keyword planner sebagai referensi tambahan untuk mengetahui seberapa berat tingkat persaingan suatu kata kunci. Untuk menggunakan keyword planner bisa sobat baca panduannya di cara menggunakan

2. Tingkat persaingan kata kunci berdasarkan result di pencarian google

Ada 3 cara yang biasa dilakukan oleh kalangan blogger dalam menentukan tingkat persaingan kata kunci yaitu
  • dengan mengetikkan langsung kata kunci
Sebagian blogger masih ada yang menggunakan metode ini dan merasa bangga jika sudah menjadi juara di google karena mampu bersaing di kata kunci yang memiliki jumlah result yang tinggi padahal cara ini sangat sangat jauh dari kata akurat. Untuk membuktikan pernyataan saya ini, mari kita analisa 2 kata kunci berbeda berikut ini

kata kunci daftar facebook memiliki jumlah result hampir menyentuh di angka 75.000.000 & anda boleh percaya atau tidak, kebetulan saya memiliki blog baru yg saat ini berusia kurang dari 3 bulan & ternyata sudah mampu di page one atau di peringkat 3 atau 4 yang kompetitornya juga adalah blog blog personal dan bandingkan dengan kata kunci ke 2 berikut ini

hanya memiliki 876.000 result (sangat jauh dibandingkan dengan kata kunci pertama) tapi kata kunci ke 2 ini justru memiliki tingkat persaingan yang lebih berat. Jika anda mengejar kata kunci hotel murah maka yang menjadi kompetitor anda adalah perusahaan-perusahan besar yang siap mengeluarkan jutaan rupiah untuk jasa seo profesional dan beriklan di adwords seperti agoda[dot]com, traveloka[dot]com dan perusahaan besar lainnya
  • dengan mengetikkan kata kunci dan menambahkan intitle
Cara ini sedikit lebih akurat karena dengan menambahkan intitle sebelum kata kunci artinya menggali informasi berapa jumlah kompetitor yang memasukkan kata kunci pada judul artikelnya yang pada umumnya kata kunci tersebutlah yang dioptimasi oleh admin blog akan tetapi seiring perkembangan waktu, tehnik seo  onpage (penerapan longtail keyword) menjadikan cara ini dipertanyakan keakuratannya

Yang menjadi pertanyaan adalah mana cara yang paling akurat untuk mengetahui tingkat persaingan suatu kata kunci?

Untuk mengetahui tingkat persaingan suatu kunci yang sesungguhnya adalah dengan cara menganalisa satu persatu blog yang menjadi juara di google. paling tidak kita harus memeriksa 3-5 blog yang berada di peringkat teratas dan yang perlu di analisa adalah

1. Jumlah dan kualitas backlink yang menuju homepage dan artikel blog tersebut
2. Apakah kata kunci yang anda analisa tersebut terdapat di deskripsi blog 5 teratas tersebut
3. Usia domain dari masing-masing blog di 5 teratas
4. Apakah artikel yang memuncaki 5 peringkat teratas tersebut di pasang pada sidebar
5. Apakah artikel yang menjadi 5 besar tersebut banyak memiliki artikel penunjang
6. Apakah kata kunci tersebut terdapat di domain (on keyword domain)
7. Apakah kata kunci tersebut juga menjadi judul dari blog tersebut

Jika jawabannya adalah ya atau paling tidak 5 dari 7 kriteria di atas terdapat pada blog tersebut maka artinya kata kunci tersebut memiliki tingkat persaingan yang relatif berat karena itu lah kata kunci yang benar-benar di optimasi oleh pengelola blog tersebut dan artinya jika ingin bersaing dengan blog-blog tersebut maka kita harus mampu mengoptimasi lebih bagus lagi dari blog-blog yang menjadi 5 besar peringkat teratas tersebut dan mengetahui apa yang menjadi nilai minus dari blog kompetitor

Sebelum saya akhiri artikel ini sedikit perlu saya tambahkan bahwa seberat apapun tingkat persaingan suatu kata kunci dan sehebat apapun optimasi yang di lakukan oleh para pemuncak serp bukan berarti tertutup peluang untuk kita-kita sebagai blogger pemula untuk mampu bersaing karena pada dasarnya google lebih menyukai fresh konten dan disatu sisi sebagian besar blogger akan berhenti mengoptimasi artikel yang sudah berada di page one dan disinilah peluang yang harus dimanfaatkan