Artikel Tentang Pendidikan

Artikel tentang pendidikan - Ini adalah artikel pertama di blog contoh artikel yang baru saja saya buat, dan saya memilih artikel pendidikan sebagai postingan perdana alasannya karena apapun yang mampu untuk kita lakukan tidak pernah lepas dari adanya proses belajar dan proses belajar sangat erat kaitannya dengan pendidikan baik itu formal maupun non formal. Yang mana lebih penting antara pendidikan formal dan formal? saya rasa keduanya sama pentingnya. Baiklah tidak perlu panjang lebar lagi, berikut di bawah ini adalah contoh artikel pendidikan


Artikel tentang pendidikan


Pendidikan adalah pintu menuju ilmu pengetahuan yang menjadikan manusia mengetahui sesuatu dari apa-apa yang sebelumnya tidak diketahui. Pendidikan juga berperan untuk pembentukan karakter yang lebih baik dan tanpa pendidikan itu artinya sama halnya dengan kertas kosong yang tidak memiliki nilai apa-apa.
Seperti itulah saya memaknai tentang pendidikan.

Pendidikan memang sangat erat kaitannya dengan kesuksesan dan prestisius seseorang namun terlepas dari itu semua tujuan pendidikan bukanlah semata-mata hanya untuk sebuah kesuksesan dan prestisius belaka meskipun fakta mencatat orang yang sukses dan memiliki status sosial tinggi di lingkungan masyarakat salah satunya ditentukan oleh faktor latar belakang pendidikan yang tinggi.

Di era modern seperti sekarang ini tingkat pendidikan sangat memegang peranan penting untuk kemajuan seseorang dan bahkan tidak saja hanya bersifat individu dan perseorangan melainkan tingkat kemajuan suatu bangsa juga sangat ditentukan oleh level pendidikan dari masyarakatnya. Kita ambil contoh negara-negara maju seperti Cina, Amerika, Jepang, dan negara-negara di Eropa, mereka adalah negara-negara yang maju dan menguasai banyak bidang baik itu teknologi, informasi, dan ekonomi. Kesemuanya itu tidak mungkin di capai tanpa sumber daya manusianya yang berkualitas dan tidak mungkin tercipta sumber daya manusia yang berkualitas tanpa didukung adanya pendidikan yang berkualitas.

Berbicara tentang pendidikan tidak saja hanya tentang pendidikan formal melainkan juga pendidikan non formal, keduanya memiliki peranan penting dalam mencetak generasi muda yang cerdas dan berkarakter. Banyak kita temukan orang yang cerdas dalam hal akademik tapi tidak mampu memberikan kontribusi pada masyarakat luas dan sebaliknya ada orang yang cakap dalam bermasyarakat dan mampu memberikan sumbangsih untuk masyarakat tapi sayang tidak mampu mengambil peran yang strategis karena terbatas dalam hal pendidikan formal.

Dari uraian di atas dapat di tarik kesimpulan bahwa pendidikan adalah pintu menuju ilmu pengetahuan yang memegang peranan penting dalam mencetak manusia yang cerdas dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas untuk membangun sebuah tatanan sosial yang lebih baik. Level pendidikan juga menjadi faktor berkembang dan majunya sebuah negara di tengah-tengah persaingan di era modern seperti sekarang ini. Pentingnya pendidikan tidak saja hanya dalam bentuk pendidikan formal tetapi juga pendidian dalam bentuk nonformal dan mampu mensinergikan keduanya adalah sebuah keharusan untuk mencetak generasi yang tidak saja cerdas tetapi juga berkarakter.