Contoh Pidato Singkat : Pidato Bahasa Indonesia

Pidato Bahasa Indonesia - Dalam membawakan pidato pada dasarnya yang terpenting adalah bagaimana isi pidato dari yang kita sampaikan sesuai dengan audiens baik itu mengenai tema ataupun penggunaan bahasa yang mudah dimengerti oleh audiens dan singkat (tidak bertele-tele) sehingga efisien dalam penggunaan waktu.  Akan sangat  keliru jika menggunakan bahasa inggris dalam menyampaikan pidato sementara audiens/pendengar tidak mengerti dengan bahasa inggris, terlebih lagi penggunaan bahasa inggris hanya untuk over acting.

Contoh pidato bahasa indonesia kali ini sebenarnya tidak ada perbedaan dengan contoh pidato lainnya yang sudah saya publis pada artikel - artikel sebelumnya karena bahasa yang digunakan dalam naskah pidato sebelumnya juga berbahasa indonesia. Yang membedakan hanyalah pada tema dari pidato yang disampaikan dan untuk menyesuaikan dengan judul di atas maka saya memilih judul pada naskah pidato kali ini yaitu Bahasa Indonesia Sebagai Identitas Bangsa Indonesia

Contoh Pidato Singkat Bahasa Indonesia


Assalamualaikum Wr. Wb

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman semuanya yang saya cintai

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan karunia serta nikmat yang tak terhingga dan shalawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada baginda Nabi besar Muhammad SAW.

Terimakasih saya ucapkan atas tempat dan waktu yang diberikan kepada saya untuk membawakan sebuah pidato dimana pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan sedikit mengulang catatan sejarah bangsa indonesia khususnya tentang bahasa indonesia. Mungkin ada diantara kita yang lupa bagaimana bahasa indonesia menjadi bahasa nasional sekaligus sebagai identitas bangsa indonesia.

Bahasa Indonesia memiliki kedudukan sebagai bahasa nasional seperti yang dinyatakan dalam sumpah pemuda yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928 yang berfungsi sebagai identitas nasional, menjadi kebanggan bangsa, sebagai alat komunikasi dan pemersatu bangsa yang majemuk baik suku, budaya, adat istiadat dan agama.

Ada sebuah proses panjang penggunaan bahasa indonesia dijadikan sebagai bahasa nasional, oleh karena itu adalah sebuah kewajiban bagi kita sebagai generasi muda untuk menghargai peran dan kedudukan bahasa indonesia. Mengapa saya katakan demikian? apakah ada yang salah dengan bahasa yang kita gunakan sehari - hari? Menggunakan bahasa asing atau mempelajari bahasa asing adalah sesuatu yang penting, mengingat tuntutan persaingan di era globalisasi saat ini. Akan tetapi manakala di hati kita terdapat suatu kebanggaan ketika menggunakan bahasa asing dan di satu sisi menganggap bahasa indonesia bukan suatu kebanggan, maka secara tanpa sadar kita telah menjatuhkan identitas kita sebagai bangsa indonesia.

Bapak, Ibu Guru dan teman - teman yang saya hormati....

Terdapat sebuah fenomena di kalangan remaja, dimana mereka dengan bangga menciptakan atau menggunakan bahasa yang menurut mereka itu adalah suatu trend yang jika ada kalangan remaja yang tidak mengerti dengan bahasa tersebut maka mereka di cap sebagai seorang remaja yang kurang pergaulan. Bahasa yang mereka sebut dengan bahasa GAUL tersebut kini sudah merambah pada dunia hiburan seperti yang terlihat pada tayangan - tayangan televisi dan melalui siaran radio.

Apapun alasannya bangsa ini telah memilih bahwasanya bahasa indonesia adalah bahasa yang mencerminkan kepribadian bangsa, sebagai bahasa nasional yang menjadi identitas kita sebagai rakyat indonesia yang jika kita tidak bangga dan menghargai keberadaan bahasa indonesia dengan menciptakan istilah baru lalu siapa lagi yang akan menghargai bahasa indonesia.

Bapak, Ibu Guru dan teman - teman yang saya hormati.....

Mungkin tidak banyak yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini dan sebelum saya akhiri pidato singkat ini, harapan saya adalah semoga melalui pidato yang saya sampaikan ini akan menambah kebanggaan kita terhadap indonesia dan mencintai budaya asli indonesia, mencintai produk asli indonesia, bangga akan keanekaragaman budayanya, bumi dan alamnya, serta bahasa indonesia khususnya. Akhir kata saya ucapkan terimakasih atas perhatian dan mohon maaf apabila ada kata yang sekiranya tidak berkenan bagi teman - teman dan khususnya Bapak dan Ibu Guru semuanya

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Baca juga contoh artikel bahasa indonesia