Contoh Pendahuluan Proposal Usaha / Kewirausahaan

Contoh pendahuluan proposal usaha ini sebenarnya adalah paket 1 artikel dengan contoh proposal usaha..namun karena artikel contoh proposal ini sangat panjang maka untuk pendahuluan proposal ini saya pisah untuk menghindari terlalu beratnya loading halaman yang tentu saja tidak baik untuk sobat para pengunjung. Maka dari itu, untuk melihat secara komplit dari artikel ini silahkan anda baca bagian pertama dari artikel ini yaitu di contoh proposal usaha / proposal kewirausahaan

Contoh Pendahuluan Proposal Usaha


Pusat keragaman utama pisang terletak di daerah Malaysia (Asia Tenggara, Papua dan Australia tropika). Pusat keragaman minor juga terdapat di Afrika tropis. Tumbuhan ini menyukai iklim tropis panas dan lembap, terutama di dataran rendah. Di daerah dengan hujan merata sepanjang tahun, produksi pisang dapat berlangsung tanpa mengenal musim. Indonesia, Kepulauan Pasifik, negara-negara Amerika Tengah, dan Brasil dikenal sebagai negara utama pengekspor pisang. Masyarakat di negara-negara Afrika dan Amerika Latin dikenal sangat tinggi mengonsumsi pisang setiap tahunnya.

Pisang banyak mengandung protein yang kadarnya lebih tinggi daripada buah-buahan lainnya, namun buah pisang mudah busuk. Untuk mencegah pembusukan dapat dilakukan pengawetan, misalnya dalam bentuk keripik, dodol, sale, dan lain-lain.

Sale pisang merupakan salah satu jenis makanan yang banyak di gemari oleh banyak kalangan. Banyak orang yang menggemarinya karena rasanya yang enak dan harganya yang terjangkau. Selain itu,kandungan gizinya baik untuk kesehatan sehingga aman di konsumsi

Ini tentu menjadi peluang usaha bagi para wirausahawan,salah satunya adalah penulis. Penulis sangat tertarik mengenai usaha ini karena modalnya yang tidak terlampau besar dan untung yang cukup besar.

B.Alasan mengenai pemilihan usaha pembuatan sale pisang

Tentunya dalam pemilihan usaha penulis memiliki beberapa alasan mengenai alasan pemilihan usaha. Berikut ini beberapa alasan penulis memilih jenis usaha sale pisang beserta penjelasannya:

1.Bahan Produksi
Ditinjau dari bahan produksi,yaitu pisang kapas merupakan bahan yang mudah di dapat dan harganya terjangkau.Selain itu hal ini di tujukan untuk mengolah pisang kapas menjadi makanan dengan nilaijual yang lebih tinggi. Pisang kapas merupakan salah satu jenis pisang dengan nilai jual yang termasuk rendah bila di bandingkan dengan pisang lain, misalnya kapok dan ambon. Tentunya ini sangat percuma bila pisang kapas di jual dalam keadaan tanpa di olah terlebih dahulu. Padahal, bila di olah secara kreatif, maka ini menjadi peluang usaha yang cukup menggiurkan

2.Cara pembuatan
Sale termasuk salah satu makanan yang mudah dalam pembuatannya. Selain itu, bahan bahan yang di gunakan cenderung sedikit, bahan bahan yang di gunakan mudah di dapat dan harganya murah. Selain itu alat yang di perlukan juga tidak terlalu banyak.

3.Rasa yang enak
Sale cenderung memiliki banyak penggemar di antara sekian banyak jenis makanan. Rasanya yang manis cenderung di sukai sehingga banyak orang yang menyukai makanan ini.
4.Harga yang bersahabat
Harga sale termasuk terjangkau oleh berbagai kalangan. Tak heran bila semua orang dar berbagai kalangan menyukai sale.

5.Keuntungan yang di janjikan besar
Seperti yang sudah di jelaskan di atas, bahan bahan yang di gunakan dalam pembuatan sale sangat menguntungkan bagi kita. Harganya yang murah membuat kemungkinan kita akan mendapatkan untung yang melimpah.

6.Promosi
Promosi sale cenderung mudah karena harga sale yang ekonomis dan semua orang suka. Penjelasan lebih lanjut akan saya jelaskan di bab selanjutnya

7.Modal awal cenderung sedikit
Karena bahan-bahan yang di gunakan cenderung murah, maka modal awal yang saya gunakan pun cenderung sedikit.

8.Hobi
Saya cenderung orang yang senang makan dan suka pada kuliner, salah satunya adalah pisang. Saya sangat tertarik dengan buah pisang dan olahannnya. Itulah yang menyebabkan saya ingin berwirausaha di produksi pembuatan sale pisang.

C.Harapan dan masa depan

Harapan:

Dalam sebuah usaha, tentu kita mengharapkan suatu hasil yang baik, yang sesuai dengan target. Berikut ini harapan-harapan saya mengenai usaha sale pisang :

1.    Mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya
2.    Terciptanya lapangan pekerjaan di desa saya
3.    Meningkatnya tingkat pendapatan khusnya bagi saya pribadi, keluarga, dan tetangga
4.    Menciptakan nilai jual yang lebih tinggi khususnya untuk pisang kapas
5.    Tidak mensia-siakan pisang kapas, karena selama ini pisang kapas kerap kali di kesampingkan
6.    Terciptanya aneka olahan makanan ringan dari buah pisang kapas

Masa depan:

Untuk masa depan usaha ini, saya berharap usaha sale pisang ini bisa berhasil dan sukses. Oleh karena itu,saya berusaha mecari dan mendapatkan ide baru untuk memvariasikan sale pisang buatan saya.Sehinga sale pisang saya menjadi suatu produk yang bervariasi, tidak hanya monoton itu sale pisang biasa saja.  Saat ini, saya memiliki beberapa variasi, seperti sale pisang gulung, sisir, dan aneka rasa.

Saya pun berencana memvariasikan pisang menjadi cemilan lain, seperti keripik dan bolu pisang dengan berbagai macam variasi. Dalam usaha ini, saya akan menggunakan bahan baku pisang raja dan pisang kapok. Selain itu saya juga berencana membuat aneka kreasi dari bagian-bagian pisang yang lain seperti bagian pelepah pisang, daun, kulit pisang,dan akar pisang. Pada intinya saya ingin memanfaatkan pohon pisang sebanyak-banyaknya sehingga meningkatkan nilai jual pisang itu sendiri.

Bila usaha saya ini sukses, saya berencana akan membuka cabang di beberapa tempat. Rencananya saya akan meminta bantuan tetangga saya untuk membantu dan bekerja di toko saya. Sehingga pendapatan saya dan tetangga sama-sama meningkat. Meskipun hingga saat ini usaha saya masih dikerjakan oleh saya dan keluarga saya.

Oleh karena itu, saya harus terus berusaha agar harapan dan masa depan saya dapat tercapai. Tidak ada kata tidak selama masih ada kemauan. Pada bab selanjutnya akan di jelaskan lebih rinci mengenai usaha sale pisang ini